10 Tips Agar Kamar Tidak Terlihat Sempit

Kamar tidur adalah salah satu ruangan di dalam rumah yang harus terasa seperti tak ada ruangan lain di dalamnya. Kenyamanan saat istirahat dari stres seharian adalah hal yang harus didukung oleh suasana kamar tidur yang baik. Tapi akan sedikit tidak nyaman jika kamar tidur anda sangat sempit dan suasana istirahat menjadi terganggu. Memiliki kamar tidur yang tidak terlalu besar harus ditata dengan baik agar ruang terlihat lebih luas namun dekorasinya masih fungsional. Berikut beberapa tips bagi anda yang memiliki kamar tidur yang sempit.

 1. Hindari Suasana Berantakan

Hindari Suasana Berantakan
Semakin banyak barang-barang di dalam kamar tidur akan membuat ruangan terasa sempit. Perhatikan sekeliling anda, apakah lantai bisa terlihat jelas? Jika anda melihat sekeliling ruangan dan tidak dapat melihat permukaan lantai dengan jelas, maka anda memiliki perabot yang berlebihan dan barang-barang pribadi lainnya. Pertimbangkan untuk memindahkan beberapa perabot ke ruangan lain. Buang semua koleksi pakaian yang tidak perlu, meja hias, atau peralatan hiburan lainnya. Ketika masuk ke dalam kamar, anda pasti ingin melihat keseluruhan ruangan. Ini akan memberikan ilusi ruangan yang lebih lega.


 2. Pilih Perabot yang Dapat Memaksimalkan Sisa Ruangan

Pilih Perabot yang Dapat Memaksimalkan Sisa Ruangan
Menata perabotan bisa jadi hal yang rumit jika anda tidak tahu pasti apa yang anda butuhkan. Kamar tidur yang kecil memaksa anda untuk benar-benar memperhatikan perabotan yang seharusnya ada di dalam. Pilih perabotan yang berbentuk lurus, bukan yang melengkung. Perabotan yang berbentuk melengkung cenderung memakan banyak ruang.


 3. Bandingkan Dekorasi dengan Ukuran Kamar Tidur

Bandingkan Dekorasi dengan Ukuran Kamar Tidur
Sesuai dengan ukuran kamar, tempat tidur adalah benda yang paling menonjol. Jika anda memiliki tempat tidur yang besar di dalam kamar yang kecil, tentu saja ini membuat sempit dan tidak nyaman. Pertimbangkan lagi untuk memiliki tempat tidur yang kecil, dan sesuaikan ukuran meja lampu dan dekorasi lainnya sesuai dengan porsinya.


 4. Tambahkan Sesuatu yang Menarik di Plafon

Tambahkan Sesuatu yang Menarik di Plafon
Dalam beberapa tahun terakhir, hiasan plafon di kamar tidur sangat popular. Hal ini membantu membuat ruangan menjadi lebih lega pada bagian atasnya. Jika anda ingin melakukan penambahan ornamen di bagian plafon, pilihlah bentuk yang tidak terlalu ramai dan usahakan menggunakan warna yang lebih cerah. Semakin cerah maka secara psikologi akan menciptakan ilusi optik ruangan yang lebih luas.


 5. Buat Sebuah Sudut untuk Tempat Membaca

Buat Sebuah Sudut untuk Tempat Membaca
Sebuah konsep yang salah dari sebuah kamar tidur adalah ruangan ini hanya digunakan untuk tidur dan ganti pakaian. Anda bisa menambahkan aktivitas lain di dalam kamar anda. Contohnya taruhlah sebuah kursi dan lampu di kamar anda, dan jadilah sebuah sudut untuk aktivitas membaca. Ketika anda memiliki area yang berfungsi untuk aktivitas lain, maka tentu saja anda akan menghabiskan banyak waktu di dalamnya. Ini akan membuat kamar anda lebih dari sekedar tempat untuk tidur dan dengan aktivitas santai yang bisa dilakukan di dalamnya.


 6. Pilih Perabotan yang Memiliki Fungsi Ganda

Pilih Perabotan yang Memiliki Fungsi Ganda
Cara paling sederhana untuk membuat ruangan menjadi sangat kecil adalah dengan ukuran perabotan yang besar. Pilih dua atau tiga perabotan yang sesuai dengan ukuran ruangan dan juga memiliki fungsi ganda. Pilih sebuah lemari untuk menaruh pakaian sekaligus sebagai rak tv agar lebih praktis dan lega.


7. Penyimpanan Kreatif

Penyimpanan kreatif
Untuk membuat suasana ruangan tetap rapi, gunakan beberapa keranjang dekoratif di beberapa tempat untuk menjaga barang-barang kecil berserakan. Gunakan imajinasi anda untuk membuat tempat penyimpanan dari perabotan yang telah ada.


8. Perhatikan Barang Elektronik

Perhatikan Barang Elektronik
Memiliki sebuah tv di dalam kamar tidur adalah pilihan pribadi. Jika anda memutuskan untuk menaruh sebuah tv di dalam kamar tidur anda, pastikan tidak terlalu banyak area yang diperlukan. Pilih tv layar datar yang bisa di tempelkan di dinding, atau bahkan alat elektronik lain yang anda miliki. Bijaklah dalam memilih mana yang benar-benar dibutuhkan di dalam kamar.


 9. Pilih Warna yang Sesuai

Pilih Warna yang Sesuai
Warna gelap di dalam sebuah kamar yang sempit akan membuat kamar anda seperti gua. Jika anda memang menyukai warna gelap, terapkan pada aksesoris seperti bantal, karpet, sprei atau selimut. Pertimbangkan untuk menggunakan warna cerah pada dinding dan plafon.

 10. Ciptakan Titik Fokus

Ciptakan Titik Fokus
Jika anda memiliki lukisan yang menarik, taruhlah di dekat tempat tidur. Atau hal lain seperti perabotan yang unik yang bisa menjadi titik fokus di dalam ruangan. Gunakan imajinasi anda untuk memainkan warna atau bentuk aneh agar memberikan kesan positif ke seluruh ruangan.


Sekian. Terima Kasih







Sumber : http://www.caradesain.com/

Komentar

Postingan Populer