5 Desain Rak Buku Minimalis yang Bisa Kamu Buat Sendiri Di Rumah

Hai, para pencinta buku! Sudah berapa banyak koleksi buku yang kamu punya di rumah? Ada 10, 20, atau lebih dari 50? Wah, banyak banget, ya.
Di mana kamu menyimpan buku-buku tersebut? Di lemari tertutup? Atau di rak kayu yang kamu beli dengan harga selangit?

Sayang sekali, ya. Padahal ada banyak contoh desain rak buku yang sederhana, minimalis, dan unik yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Harganya pun tidak terlalu mahal. Hanya butuh sedikit ketelatenan dan rak buku kamu pasti akan menambah kecantikan ruangan.
Berikut adalah 5 desain rak buku minimalis serta tips bagaimana kamu membuatnya.
1. Rak yang membuat buku seakan melayang

Rak Buku 1
infounik.org
Rak buku jenis ini akan membuat buku-buku kamu seperti melayang dan menempel di dinding. Kamu hanya membutuhkan besi siku yang harganya tidak lebih dari 10 ribu rupiah. Lalu kamu tempelkan ke dinding menggunakan bor listrik dan sekrup. Sesuai gambar, dua buah besi siku dapat menahan beban empat sampai lima buku. Bagaimana? Mudah dan murah, bukan?

2. Rak dari pipa bekas

Rak Buku 2
idwebdesainer.com
Rak buku yang satu ini hanya perlu memanfaatkan pipa atau besi bekas. Lalu kamu tempelkan ke tembok menggunakan bor listrik dan sekrup. Agar lebih cantik, kamu bisa mengecat ulang pipa atau besi tersebut. Desain rak seperti ini memungkinkan bukumu diletakkan secara vertikal maupun horizontal.

3. Rak pelat besi

Rak Buku 3
desainrumah99.com
Prinsip pembuatan rak ini sebenarnya hampir mirip dengan rak yang terbuat dari besi siku. Hanya saja jenis rak ini memanfaatkan pelat besi yang cukup lebar. Lalu buku diletakkan di atasnya atau besi diselipkan ke salah satu halaman buku. Pelat besi ini dapat menampung buku lebih banyak. Dan buku-buku kamu akan tetap tampak menempel di tembok.

4. Rak gantung dari kardus bekas

Rak Buku 4
siabangpedia.blogspot.co.id
Untuk membuat rak yang satu ini, kamu hampir tidak memerlukan biaya sama sekali. Karena kamu hanya membutuhkan kardus bekas serta perlengkapan teknis lainnya seperti sekrup, obeng, gunting, dan sebagainya. Mengenai tutorial pembuatannya, kamu bisa berkunjung ke link berikut: Cara Membuat Rak Gantung Dari Kardus

5. Rak dari tangga bekas

Rak Buku 5
caradesain.com
Prinsip pembuatan rak ini sangat mudah. Kamu hanya perlu mencari tangga kayu bekas, lalu menempelkannya di dinding. Maka buku-bukumu sudah siap digantung dan menjadi rak yang indah. Jangan lupa untuk mengecat ulang agar tampilannya menjadi lebih menarik.
Untuk kali ini sekian saja. Sebetulnya rak buku menarik, minimalis, dan unik itu banyak sekali. Namun, sebagian besar harus merogoh kocek yang cukup besar dan agak sulit jika ingin membuatnya sendiri. Kelima rak di atas adalah sebagian kecil rak buku yang dapat kamu buat sendiri di rumah. Mudah dan murah. Hanya perlu ketelatenan kamu saja untuk membuatnya. Selamat berkreasi!



Sumber : http://blog.setiabuku.com/

Komentar

Postingan Populer