3 Cara Untuk Membuat Gantungan Kunci

Bila Anda mencari kado sederhana yang cocok untuk siapa saja, tidak ada salahnya membuat gantungan kunci. Gantungan kunci yang dibuat di rumah tidak mahal dan menyenangkan untuk dibuat sendiri. Gantungan kunci juga merupakan prakarya yang mudah dibuat oleh anak-anak dengan sedikit bantuan dari orang dewasa. Berikut beberapa ide untuk membuat Anda mulai membuat gantungan kunci Anda sendiri.

1
Membuat Gantungan Kunci dari Tanah Lempung

  1. Gambar berjudul Make Keychains Step 1
    1
    Kumpulkan bahan Anda. Membuat gantungan kunci dari tanah lempung atau clay memerlukan lempung yang dibentuk dan dipanggang (dikenal juga sebagai lempung polimer), cetakan kue kering kecil, jarum besar atau tusuk gigi, dan cincin gantungan kunci atau rantai gantungan kunci.
    • Cincin gantungan kunci tersedia dalam beragam bentuk dan ukuran. Anda bisa membeli yang lebih besar yang bentuk hiasan lempungnya bisa disangkutkan langsung padanya atau Anda bisa membeli cincin gantungan kunci yang lebih rumit dan rantai yang dibuat khusus untuk menyangkutkan hiasan gantungan kunci Anda. Pilih yang Anda sukai. Anda bahkan bisa menggunakan bagian gantungan kunci lama yang sudah tidak digunakan bila Anda memilikinya.
  2. Gambar berjudul Make Keychains Step 2
    2
    Pipihkan sepotong kecil lempung hingga memiliki ketebalan sekitar 0,3 cm. Anda bisa menggunakan rolling pin adonan atau alat lain yang bisa digunakan untuk tujuan sama (Anda bahkan bisa menggunakan pulpen atau pensil). Lempung harus halus dan ketebalannya harus sama rata.
    • Bila diinginkan, tempelkan lebih dari satu warna bersama untuk menghasilkan efek melingkar. Anda bahkan bisa membuat bentuk-bentuk kecil dan tekan untuk membuat bentuk lempung yang lebih besar. Kreatiflah!
  3. Gambar berjudul Make Keychains Step 3
    3
    Gunakan cetakan kue kering untuk memotong lempung menjadi bentuk yang diinginkan. Pilih bentuk pilihan Anda, seperti bunga untuk Hari Ibu, ketupat untuk Hari Lebaran, hati untuk Hari Valentine. Penggemar olahraga akan menyukai gantungan kunci berbentuk seperti bola basket, bola bisbol atau bola sepakbola.
    • Anda juga bisa menciptakan bentuk sendiri untuk gantungan kunci Anda dengan menggunakan pisau pengupas atau pisau serba guna.
  4. Gambar berjudul Make Keychains Step 4
    4
    Buat lubang berukuran kurang lebih 0,6 cm dari puncak bentuk lempung, menggunakan benda yang tajam seperti jarum atau tusuk gigi.
    • Lubang ini akan digunakan untuk menempelkan bentuk lempung Anda pada cincin gantungan kunci, jadi pastikan lubangnya tepat agar bisa digunakan.
    • Banyak lempung polimer yang memungkinkan untuk menyangkutkan bagian perhiasan kecil, seperti lingkaran logam kecil, langsung pada lempung sebelum dipanggang. Bila lempung yang Anda beli bisa digunakan seperti itu, sangkutkan lingkaran kawat pada bentuk lempung Anda agar cincin gantungan kunci bisa dengan mudah disangkutkan pada lingkaran tersebut belakangan.
  5. Gambar berjudul Make Keychains Step 5
    5
    Letakkan bentuk lempung di atas loyang dan panggang sesuai petunjuk di dalam bungkus lempung. Keluarkan dari oven dan biarkan dingin sempurna sebelum lanjut ke langkah berikutnya.
  6. Gambar berjudul Make Keychains Step 6
    6
    Sangkutkan cincin gantungan kunci atau rantai gantungan kunci pada lempung yang sudah dingin. Hati-hati, jangan terlalu keras menangani keduanya karena Anda bisa memecahkan gantungan kunci baru Anda.

2
Membuat Gantungan Kunci Berbentuk Huruf dari Busa Kerajinan

  1. Gambar berjudul Make Keychains Step 7
    1
    Kumpulkan bahan Anda. Anda akan memerlukan paling tidak busa kerajinan dua warna (satu yang dengan perekat, satu lagi yang tidak), gunting, dan cincin gantungan kunci atau rantai gantungan kunci.
    • Anda tidak perlu busa kerajinan terlalu banyak! Busa kecil dengan panjang dan lebar beberapa sentimeter bisa digunakan. Bahkan, proyek ini bisa menggunakan sisa proyek lain.
  2. Gambar berjudul Make Keychains Step 8
    2
    Potong perekat menjadi beberapa persegi kecil masing-masing berukuran kurang lebih 6,4 cm. Anda akan perlu memotong perekat sebanyak huruf yang Anda ingin gunakan dalam gantungan kunci Anda.
    • Alternatifnya, gunakan hingga empat warna berbeda untuk membuat gantungan kunci dengan beberapa lapis warna.
    • Ketika memilih huruf apa yang bisa diletakkan pada gantungan kunci, pertimbangkan untuk menggunakan inisial Anda (bila gantungan kuncinya untuk Anda) atau kata-kata sederhana dari empat huruf yang penting untuk Anda. Seperti cinta (love) atau manis (cute). Anda tidak ingin gantungan kunci yang terlalu besar untuk menggantung bersama kunci-kunci Anda, jadi buatlah gantungan yang pendek dan cantik.
  3. Gambar berjudul Make Keychains Step 9
    3
    Tulis salah satu huruf yang telah Anda pilih untuk gantungan kunci Anda pada tiap busa kerajinan menggunakan pensil atau spidol. Tiap huruf sebaiknya berukuran sekitar 2,5 cm tingginya.
    • Gunakan sablon huruf untuk menggambar tiap huruf ketika Anda memotong huruf, bagian tengahnya seharusnya berwarna seperti warna dari busa kerajinan, bukan warna pulpen atau pensil Anda. Coba rancangan kreatif atau fon yang akan membuat huruf-huruf tersebut unik tapi terbaca.
  4. Gambar berjudul Make Keychains Step 10
    4
    Gunakan gunting yang tajam untuk memotong huruf dari busa kerajinan. Gunakan waktu Anda untuk memotong huruf serapih mungkin. Bila huruf yang dan potong memiliki area tengah yang perlu dipotong, mulai memotong dari bagian tengah, menjauh dari garis pinggiran. Dengan begitu Anda bisa memotong busa kerajinan dengan hati-hati dan sedikit demi sedikit pada garisnya.
  5. Gambar berjudul Make Keychains Step 11
    5
    Susun semua huruf pada busa kerajinan yang tersisa, yang tanpa perekat. Tentukan susunannya dan bentuk luar dan ukuran gantungan kunci yang sudah selesai.
    • Jangan tarik lapisan penutup perekat busa kerajinan dulu. Gunakan waktu untuk memastikan susunan huruf sudah sesuai keinginan Anda sebelum menarik lapisan tersebut!
  6. Gambar berjudul Make Keychains Step 12
    6
    Potong bentuk alas gantungan kunci pada busa kerajinan prakarya. Ingat bahwa semua huruf yang sudah dan potong di awal harus muat pada bentuk alas tersebut hingga alas membingkai huruf-huruf dengan baik.
    • Sementara bentuk segi empat cukup baik, ingat Anda bisa menggunakan kreativitas pada bentuk itu juga.
  7. Gambar berjudul Make Keychains Step 13
    7
    Tarik lapisan penutup perekat dari tiap huruf. Tempelkan tiap huruf pada busa kerajinan yang lebih besar, hati-hati agar huruf-huruf tersusun rapi. Tekan tiap huruf dengan kuat agar tidak jatuh.
  8. Gambar berjudul Make Keychains Step 14
    8
    Gunakan pembolong kertas, atau sesuatu dengan ujung tajam untuk membuat lubang sekitar 0,6 cm dari bagian puncak busa yang sudah Anda buat. Lubang ini untuk menyangkutkan cincin, jadi pastikan lubangnya tepat.
  9. Gambar berjudul Make Keychains Step 15
    9
    Sangkutkan cincin gantungan kunci atau rantai gantungan kunci melalui lubang. Hati-hati menangani busa kerajinan karena tentunya Anda tidak ingin merusak proyek di saat hampir selesai. Sekarang Anda memiliki gantungan kunci khas Anda yang siap digunakan.

3
Membuat Gantungan Kunci Temali

  1. Gambar berjudul Make Keychains Step 16
    1
    Kumpulkan bahan Anda. Untuk membuat gantungan kunci temali, yang Anda perlukan hanya cincin gantungan kunci atau rantai gantungan kunci dan tali tipis atau tali plastik. Tali atau tali plastik yang diperlukan adalah empat kali lebih panjang dari ukuran temali yang sudah jadi. Dengan demikian, panjang temali yang digunakan bebas, namun harus melebihi 90 cm agar talinya cukup panjang untuk Anda kepang. [1]
    • Potong dua untai tali atau tali plastik yang panjangnya sama. Akan lebih baik bila keduanya berbeda warna, jadi setelah selesai gantungan kunci akan kaya warna dan akan lebih mudah mengikutinya saat Anda di tengah proses menganyam.
    • Beberapa orang suka membuat gantungan kunci dengan tali kur (paracord), jadi dalam keadaan darurat dan Anda perlu tali, Anda sudah memilikinya![2]
  2. Gambar berjudul Make Keychains Step 17
    2
    Masukkan kedua tali melalui cincin gantungan kunci. Pastikan bagian tengah tali di posisikan pada cincin (kecuali Anda menggunakan teknik menganyam yang memerlukan sesuatu yang berbeda). Tahan cincin pada permukaan datar dengan selotip. Ini akan membuatnya diam di tempat saat Anda menganyam. Anda sekarang memiliki empat ujung tali untuk dianyam.
    • Pilih tempat untuk menahan cincin sehingga Anda memiliki cukup ruang untuk menganyam tali Anda. Tempat yang sangat baik adalah di atas meja yang tidak penuh barang.
  3. Gambar berjudul Make Keychains Step 18
    3
    Anyam tali. Ada beberapa teknik yang bisa Anda gunakan untuk menganyam gantungan kunci, tapi bahkan kepangan yang sederhana akan terlihat cantik dengan tali atau tali plastik yang tepat. Teknik manapun yang Anda gunakan, pastikan Anda menjaga talinya ketat dan jangan takut untuk melepaskan anyaman bila Anda menemukan bahwa Anda telah membuat kesalahan. Lebih baik memperbaikinya sekarang daripada Anda harus melihat kesalahan tersebut pada gantungan kunci selamanya.
    • Untuk pilihan teknik menganyam lihat artikel: Cara Membuat Gelang Kobra dari Tali Plastik, Cara Membuat Temali, dan Cara Membuat Gelang Anyaman Berbentuk Kotak. Teknik apapun yang Anda telah gunakan untuk temali atau gelang persahabatan bisa digunakan pada gantungan kunci.
  4. Gambar berjudul Make Keychains Step 19
    4
    Ikat ujung tali dan pastikan pangkas dengan rapih. Gantungan kunci temali Anda telah selesai!

Tips

  • Gantungan kunci juga bisa digunakan sebagai penarik ritsleting yang berwarna-warni.
  • Sangkutkan senter kecil untuk membuat gantungan kunci Anda lebih berguna.
  • Cincin gantungan kunci bisa dibeli dari sebagian besar toko perlengkapan prakarya dan toko peralatan
  • Lempung polimer dingin bisa Anda buat sendiri di rumah ketimbang membelinya di toko. Anda bisa membuatnya dengan mudah dan hemat biaya dengan bahan yang mudah tersedia, yang meliputi tepung maizena, baby oil, sari jeruk lemon dan pewarna akrilik sesuai keinginan Anda.





Sumber : http://id.wikihow.com

Komentar

Postingan Populer