Cara Membuat Kerajinan Bunga Dari Sedotan

Kerajinan Bunga dari Sedotan merupakan sebuah kerajinan dari barang bekas yang dibuat dari bahan dasar limbah plastik serta dapat memperindah desain interior ruangan.
Sebelum itu banyak sekali barang-barang bekas disekitar kita yang bisa kita lakukan dan dimanfaatkan untuk menjadi sebuah karya seni yang lebih bermanfaat.
Salah satunya adalah sedotan plastik yang bisa kita dapatkan dari sisa-sisa minuman yang sudah tidak terpakai. Bahkan tergolong mudah untuk mencarinya karena limbah sedotan plastik ini sudah menjadi barang yang sangat umum di masyarakat.
Selain itu jika ingin lebih mudah bisa langsung membelinya ke toko atau warung terdekat yang menyediakan sedotan plastik untuk minuman. Harganya pun murah dan isinya pun juga banyak.
Kerajinan yang terbuat dari bahan limbah plastik seperti sedotan ini bisa dibuat berbagai macam jenis kerajinan. Salah satu kerajinan yang bisa kita lihat pada pembahasan kali ini adalah kerajinan bunga dari sedotan plastik.
Kita bisa membuat berbagai macam jenis kerajinan bunga dari sedotan plastik ini. Salah satunya adalah bunga mawar, bunga matahari, bunga tulip, dan berbagai macam lainnya.
Di bawah ini terdapat beberapa macam jenis kerajinan bunga dari sedotan plastik yang dapat Anda praktekkan:

1. Kerajinan Bunga dari Sedotan Plastik Bentuk Bunga Dahlia

bunga dahlia dari sedotan
www.kopi-ireng.com
Cara Membuat Bunga Dahlia dari Sedotan PlastikBunga Dahlia adalah salah satu tanaman jenis perdu-perduan berumbi yang mempunyai sifat tahunan.
Bunga ini hanya akan berbunga ketika musim panas tiba dan akan bermekaran sampai musim gugur telah datang.
Bunga dahlia ini adalah bunga asli yang berasal dari Meksiko. Selain itu bunga ini menjadi bunga nasional dari negara Meksiko sendiri.
Umumnya bunga dahlia mempunyai warna pada bunganya yang sangat cerah dan terlihat begitu indah. Selain itu bunga ini menjadi inspirasi dalam membuat kerajinan bunga dari sedotan.
Berikut ini bagaimana cara membuat kerajinan bunga dari sedotan plastik berupa bunga dahlia:
Bahan dan alat-alat yang dibutuhkan:
  • Gunting
  • Kawat
  • Sedotan plastik (Warna sesuka masing-masing)
  • Jarum suntik yang masih baru
  • Kelopak bunga dan putiknya
Cara pembuatan:
  1. potong satu batang sedotan plastik menjadi 8 bagian yang sama panjang. Dan untuk membuat satu buah kuntum bunga dahlia dibutuhkan enam batang sedotan plastik.
  2. Kemudian potongan sedotan sebelumnya yang telah menjadi 8 bagian dipotong pada salah satu ujungnya seperti berbentuk setengah oval. Setelah itu potong menjadi dua bagian. Dan satu buah batang sedotan yang menjadi delapan bagian, setelah dipotong seperti barusan akan menjadi 16 buah potongan kelopak bunga.
  3. Selanjutnya yaitu tusuk potongan-potongan sedotan dengan menggunakan jarum suntik pada bagian pangkalnya atau yang tidak dipotong seperti bentuk setengah oval tadi. Setelah itu masukkan kawat melalui lubang pada jarum. Pindahlah kelopak kawat, kemudian lakukan terus sampai kelopak bunga masuk ke dalam kawat.
  4. Setelah itu satukan semua kelopak dengan cara melingkarkan kawat yang terdapat pada sisi kiri dengan kawat yang terdapat pada sisi kanan. Kemudian seutlah kawat dengan kuat agar semua kelopak bunga menyatu dengan kuat.
  5. Langkah berikutnya merapihkan kelopak bunga dengan baik. Jika kawat terlalu panjang bisa dipotong supaya tidak terlalu panjang.
  6. Langkah terakhir siapkan kelopak dan putik bunga kemudian masukkan putik pada bagian atas dan tutup dengan kelopak pada bagian bawah bunga. Dan bunga dahlia dari sedotan plastik pun telah selesai.

2. Kerajinan Bunga dari Sedotan Plastik Bentuk Bunga Tulip

kerajinan bunga dari sedotan
www.bloginformasi.com
Cara Membuat Bunga Tulip dari Sedotan PlastikBunga Tulip adalah salah satu tanaman tahunan berumbi yang berasal dari Asia Tengah. Tanaman ini mempunyai tinggi sekitar 10-70 cm.
Salah satu negara yang terkenal dengan bunga tulip ini adalah negeri kincir angin atau negeri Belanda. Bunga tulip ini juga merupakan bunga nasional Turki dan Iran.
Bunga tulip yang dari hasil persilangan menghasilkan warna-warna tunggal yang diantarnya terdapat warna merah, kuning, oranye, hijau, ungu, biru, dan berbagai macam warna lainnya.
Dan saat ini banyak yang terinpirasi untuk membuat kerajinan mirip seperti bunga tulip ini. Salah satunya adalah bunga tulip dari sedotan plastik. Dan berikut ini bagaimana cara pembuatan bunga tulip dari sedotan plastik:
Alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • Gunting
  • Jarum
  • Kawat
  • Sedotan
  • Kelopak
  • Putik
  • Daun
Cara pembuatan:
  1. Untuk membuat satu tangkai bunga tulip dibutuhkan setidaknya ada 3 batang sedotan plastik.
  2. Satu batang sedotan dilipat menjadi tiga bagian, setelah itu 1/3 bagian dari batang yang telah dilipat digunting. Sisa dari potongan atau 2/3 bagian sedotan itulah yang digunakan.
  3. Kemudian lipat menjadi dua bagian.
  4. Gunting pada bagian sisi kanan dan kiri tepat pada bagian yang terlipat.
  5. jika sudah di gunting pada bagian tengah akan terlihat berlubang.
  6. Pipihkan sedotan dengan mensejajarkan dengan lubang, kemudian gunting sisi yang lebih pendek dengan menyisihkan setidaknya ½ cm dari lubang yang telah dibuat.
  7. Setelah itu lipat sedotan membalik.
  8. Beri guratan dengan mengarah ke luar dari dalam sehingga sedotan agak melengkung ke dalam.
  9. Buat tiga kelopak bunga.
  10. Masukkan ketiga kelopak tadi kedalam putik secara berselingan dan tutup dengan kelopak bagian bawah.
  11. Tahap terakhir tambahkan tangkai bunga tulip dan selesai.

3. Kerajinan Bunga dari Sedotan Bnetuk Bunga Mawar

kerajinan bunga dari limbah pastik
www.bloginformasi.com
Cara Membuat Bunga Mawar dari Sedotan PlastikBunga Mawar merupakan salah satu jenis tanaman semak yang berduri dan dapat tumbuh hingga ketinggian 2 samapi 5 meter.
Meskipun tanaman ini jarang ditemui, akan tetapi tinggi tanaman bunga mawar yang merambat dapat tumbuh hingga mencapai 20 meter.
Bunga mawar mempunyai beragam macam warna pada saat bunga ini bermekaran. Dan bunga ini menjadi salah satu inspirasi untuk membuat kerajinan dari sedotan plastik. Berikut ini bagaimana cara pembuatannya:
Bahan dan alat yang dibutuhkan:
  • Sedotan (untuk warna sesuai selera masing-masing)
  • Sediakan kelopak dan putik bunga
  • Korek apai dan lilin
  • Lidi atau kawat berukuran diameter 2 mm
  • Lem
  • Vas bekas atau botol plastik bekas
  • Gunting
  • Jarum
  • Kertas pita
  • Tang
  • Cutter atau silet
  • Kunci bekas
Cara pembuatan:
  1. Untuk satu tangkai bunga mawar dibutuhkan setidaknya 4-5 batang sedotan plastik. Setelah itu bagi atau potong sedotan menjadi tiga bagian yang sama panjang.
  2. Lipat sedotan menjadi dua bagian dan gunting pada bagian atau sisi kanan dan kiri bawah sedotan untuk membuat lubang.
  3. Gunting membulat pada bagian sisi atas sedotan ke arah kiri atas.
  4. Setelah itu gunting bagian dari pinggir sedotan yang mengarah ke arah lubang dan sisakan ½ cm dari lubang sedotan.
  5. Kemudian rapika lipatannya, pegang dengan tangan kiri pas di bagian lubang dan ibu jari tangan kanan menahan sedotan yang telah digunting dari dalam kemudian jari telunjuk mendorong ke atas agar sedotan yang telag digunting terbuka dan membalik.
  6. Selanjutnya lakukan juga pada ujung sisi sedotan yang lainnya.
  7. Siapkan kelopak dan putik bunga mawar.
  8. Masukkan 3 putik bunga untuk satu bunga mawar.
  9. Setelah itu gunting kelopak bunga yang lainnya ke empat sisi dan sisakan kira-kira 0,2 mm dari sudut siku-sikunya.
  10. Masukkan kelopak bunga dan susun secara berselingan, kemudian tutup bagian bawahnya dengan kelopak bunga.
  11. Pakailah kawat atau sapu lidi sebagai bahan tangkainya dan bungkus dengan menggunakan kertas pita.
  12. Sambungkan dengan bunga mawar yang telah dibuat. Selesai dan selamat mencoba.

4. Kerajinan Bunga Teratai dari Sedotan

kerajinan bunga dari limbah plastik
kreasi-kerajinantanganku.com
Cara Membuat Bunga Teratai dari Sedotan PlastikBunga Teratai adalah bunga yang hidup di perairan yang tenang. Tanaman ini hanya terdapat di permukaan air yang berasal dari rizoma yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam.
Tanaman bunga teratai ini bisa ditemukan di tempat-tempat seperti di danau atau sungai yang mempunyai aliran yang tenang.
Bunga teratai ini menjadi inspirasi untuk dijadikan kerajinan berupa bunga teratai dari sedotan. Berikut ini cara membuat bunga teratai dari sedotan plastik:
Bahan dan alat yang dibutuhkan:
  • Sedotan baru atau pun bekas (warna selera masing-masing)
  • Kelopak dan putik bunga
  • Gunting
  • Kawat
  • Jarum suntik atau alat lain yang bisa untuk melubangi
Cara pembuatan:
  1. Untuk satu bunga teratai dibperlukan sebanyak 12 batang sedotan dan masing-masing sedotan dibagi menjadi 4 bagian.
  2. Kemudian gunting dari bawah pangkal dengan besar 2/3 dari lebar sedotan. Dan pada bagian ujung sedotan digunting membentuk lancip yang panjangnya sekitar 1/3 dari panjang sedotan yang sudah dibagi menjadi 4 bagian tadi. Ujung sedotan itulah yang menjadi patokan panjang untuk yang lainnya agar sama panjang.
  3. Buka guntingan sedotan yang sudah dibentuk kelopak bunga tadi kemudian lipat keluar mengikuti garis sedotan. Lipat balik kembali bagian pangkal dari kelopak bunga (hanya bagian pangkalnya kira-kira 1/3 dari pangkal kelopak).
  4. Selanjutnya tusuk pada bagian pangkal sedotan satu persatu sampai rapat.
  5. Kemudian masukkan kawat dari ujung jarum yang berlubang.
  6. Pindahkan kelopak yang telah ditusuk ke kawat dan lakukan bagian ini hingga seluruh kelopak pindah ke kawat.
  7. Setelah itu ikat kelopak tersebut dengan cara melingkarkan beberapa kali satu sisi kawat yang lain, lalu diserut sampai kelopak-kelopak tersebut menyatu.
  8. Tahapan terakhir tambahkan putik pada bagian atas dan kelopak pada bagian bawah bunga. Selesai dan selamat mencoba.

5. Kerajinan Bunga Lavender dari Sedotan

kerajinan bunga dari sedotan plastik
idekreatif
Cara Membuat Bunga Lavender dari Sedotan PlastikBunga Lavender merupakan salah satu bunga yang sangat identik dengan warna ungunya yang sangat indah.
Bunga lavender ini berasal dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai ke India. Bunga ini termasuk tanaman yang menahun dan dari jenis rerumputan, semak pendek, serta semak kecil.
Bunga ini ternyata juga bagus untuk menjadi salah satu kerajinan yang terbuat dari sedotan plastik. Berikut ini bagaimana cara untuk membuat bunga lavender dari sedotan plastik:
Bahan dan alat yang dibutuhkan:
  • Sedotan (warna selera masing-masing)
  • Daun tiruan
  • Lem
  • Kawat
  • Gunting
  • Jarum atau alat lain yang dapat melubangi
Cara pembuatan:
  1. Langkah pertama yaitu satu batang sedotan dibagi menjadi 4 bagian yang sama panjang.
  2. Kemudian dari 4 bagian yang telah dipotong, setiap potongan kita gunting runcing kembali menjadi dua bagian.
  3. Setelah itu pada bagian tengah potongan di tusuk dengan jarum dan jika sudah terlubangi dan masukkan ke kawat satu persatu dengan perkiraan satu jari tengah atau sesuai selera masing-masing. Bisa lebih panjang atau lebih pendek tidak masalah.
  4. Tahapan terakhir adalah lilit lem batang ke kawat dan step terakhir tambahkan daun tiruan untuk memperindah bunga.

6. Kerajinan Bunga Matahari dari Sedotan Plastik

kerajinan bunga dari sedotan bunga matahari
kreasi-kerajinantanganku.com
Bahan dan alat yang dibutuhkan:
  • Sedotan (bebas warna apa saja sesuai selera)
  • Kertas yang cukup tebal atau kelopak dan putik bunga
  • Lem
  • gunting
Cara pembuatannya:
  1. Langkah pertama adalah setiap batang sedotan plastik dibagi menjadi 2 atau 3 bagian yang sama panjang.
  2. Kemudian bagian ujung sedotan yang sudah dibagi sama panjang digunting secara membusur.
  3. Setelah itu potonglah dari ujung sampai ke ujung dan buka hasil potongan tersebut.
  4. Selanjutnya sedotan yang sudah dipotong-potong sebelumnya disatukan masing-masing ujung sedotan dan tempelkan dengan lingkaran kertas yang sudah dibuat atau tempelkan pada kelopak dan putik bunga yang sudah disiapkan.
  5. Tahapan terakhir tinggal dilem dan ditata serta dirapikan dengan baik dan teratur.

7. Kerajinan Bunga Sakura dari Sedotan Plastik

kerajinan bunga dari sedotan plastik bunga lily
www.jertiracraft.com
Bahan dan alat yang dibutuhkan:
  • Sedotan plastik (warna sesuai selera masing-masing)
  • Kelopak dan putik bunga
  • Tangkai bisa dari ranting-ranting pohon
  • gunting
Cara pembuatannya:
  1. Tahapan pertama yang harus dilakukan adalah membagi 1 batang sedotan menjadi 6 bagian sama panjang. Dan untuk membuat satu bunga sakura hanya membutuhkan 2 bagian atau 2 potongan saja.
  2. Kemudian potongan tersebut dilipat menjadi 2 dan gunting pada ujung lipatan kanan dan kiri sedikit saja untuk membuat lubang.
  3. Setelah itu gunting sedotan tadi membentuk pola bunga sakura.
  4. Berikan sisiran pada kelopak bunga sakura yang sudah jadi sehingga terdapat sebuah garis-garis di kelopaknya dan bentuknya agak melengkung.
  5. Siapkan kelopak dan pitik bunga sakura dan masukkan kelopak bunga sakura ke putik bunga dan susun secara teratur dan rapi.
  6. Selanjutnya yang terakhir yaitu siapkan tangkai bunga dan susun kelopak atau bunga sakura yang sudah jadi ke tangkai yang sudah disiapkan.

8. Kerajinan Bunga Lily dari Sedotan Plastik

kerajinan tangan dari sedotan bunga lily
www.kreasi-kerajinantanganku.com
Bahan dan alat yang dibutuhkan:
  • Sedotan
  • Putik dan kelopak bunga lily
  • Double tape
  • Gunting
Cara pembuatannya:
  1. Menggunakan sedotan yang sudah dipipihkan atau digepengkan lalu satu batang sedotan yang sudah digepengkan dibagi menjadi 3 bagian yang sama panjang.
  2. Kemudian gunting kira-kira 2/3 lebar dari sedotan lurus ke arah atas dan membulat pada ujung kiri atas.
  3. Setelah itu buka sedotan tadi yang sudah digunting.
  4. Serut ujung sedotan yang dipotong membentuk bulat setelah dibuka tadi dan dibuat agak melengkung pada bagian yang membentuk bulat.
  5. Tempelkan double tape dan rekatkan kelopak seperti bentuk kipas atau bertindih-tindih.
  6. Selanjutnya gulung seperti corong dan pada bagian atas lebih besar dari pada bagian yang bawah.
  7. Tempelkan double tape pada bagian bawah kelopak bunga yang sudah jadi tadi.
  8. Tambahkan kelopak bunga lily yang sudah disiapkan sebelumnya.
  9. Terakhir masukkan putik bunga dengan cara menekan putik menggunakan gunting ke kelopak bawah bunga lily.

9. Kerajinan Bunga Terompet dari Sedotan Plastik

kerajinan bunga dari sedotan berupa bunga terompet
www.bacaterus.com
Bahan dan alat yang dibutuhkan:
  • Sedotan plastik
  • Kelopak dan putik bunga terompet
  • Double tape
  • Gunting
Cara pembuatannya:
  1. 1 batang sedotan di bagi menjadi 4 bagian.
  2. Gunting potongan sedotan mengarah ke sudut kiri atas.
  3. Buat 3 lembar dan buat alur dengan sisir sedotan, sehingga kelopaknya menjadi terbuka dan ujungnya serut hingga agak melengkung.
  4. Tempelkan double tape pada bagian bawah kelopak.
  5. Buka perekat double tape nya lalu rangkaikan bagian bawah kelopak yang ada perekatnya dan satukan menjadi seperti bentuk kipas.
  6. Satukan kelopak-kelopak sehingga berbentuk seperti corong, kelopak atas lebih terbuka dari kelopak bawah.
  7. Tempelkan lagi double tape melingkari bagian bawah kelopak.
  8. Siapkan putik dan kelopak bunga terompet.
  9. Buka perekat double tape lalu tempelkan kelopak bunga ke kelopak plastik.
  10. Masukkan putik bunga terompet dengan cara di tekan dengan gunting. Selesai dan selamat mencoba.
Nah itulah beberapa contoh dan bagaimana cara pembuatan kerajinan bunga dari sedotan plastik dengan inspirasi bunga-bunga yang indah dan mempesona. Selamat mencoba dan semoga berhasil.






Sumber : https://aqieb.com/

Komentar

Postingan Populer